Senin, 15 September 2008

IVLP Denver-San Francisco-Tokyo-Home

Denver 8aug08
Pagi hari, kami mengunjugi ProgressNow.org, sebuah organisasi yg menggunakan basis teknologi internet untuk mempromosikan partisipasi masyarakat dan grassroot organization dlm politik dan pemilu.. ProgressNow.org mempunyai byk link, dimana elit politik calon atau anggota senate/kongres mengirim youtube ke mereka yg kemudian diteruskan ke semua link dalam list mereka, sehingga memudahkan informasi dan keputusan politik bagi komunitas. Kami melanjutkan ke RBI Strategy & Research, lembaga konsultan pemenangan pemilu. Mereka bekerja pada kedua kandidat Obama dan McCain. Mereka menyimpulkan bahwa masyrkt AS percaya McCain bisa memperkuat national defense, tapi masy jg percaya Obama adalah solusi atas masalah ekonomi, jaminan sosial, dan kemampuan diplomasi internasional. Pd 2004 people AS memilih Bush karena alasan national security, tetapi byk kesalahan dlm pjlnan spt kekalahan di Irak. Obama berkampanye Bush=McCain=tdk ada change. Isu global warming,krisis energi dan minyak, ekonomi kesejahteraan, anti perang dan mendorong diplomasi damai dimenangkan oleh Obama dan Demokrat. Sedangkan isu patriotisme/nasionalisme, international leadership, dan national security dimenangkan oleh McCain dan Republik. Sepertinya pertarungan akan sangat sengit, dan menurut RBI bisa saja akan dimenangkan oleh McCain, namun kejutan tak terduga bs terjadi shg kemenangan berpihak pd Obama.
Kami melanjutkan bertemu dengan mantan anggota US house of representative dari Republik. Menurutnya Republik lebih mampu menjaga kepentingan AS dibanding Demokrat. Meskipun disadari Obama dan Demokrat saat ini lebih well organized dalam kampanye nya. Tapi Republik akan menggunakan kesalahan dan kelemahan2 Obama ut memenangkan White House, seperti kedatangannya ke Berlin dan kurangnya pengalaman eksekutif..Republik berjanji akan melanjutkan kampanye 'anti teroris' jika memenangkan pemilu dan mewujudkan 'international leadership' nya.

9sept 08
Hari selasa kami melanjutkan program ke San Francisco, negara bagian California.. Terbang sekitar 2,5 jam dari Denver ke San Francisco.. Kami menginap di Nikko hotel, sore hari kami mengelilingi kota yg dingin, City Tour, uptown, downtown, beach samudera pasific, jembatan San Francisco, chinatown dan taman kota. Di kota ini ada daerah yg rawan juga, banyak pemalak di kanan hotel, sopir mobil menyarankan jika jalan2 ke arah kiri hotel saja...udara dingin menusuk dan angin sangat kencang menjelang malam membuat tidak bisa berlama-lama. Dinner menjadi sangat menyenangkan jika dingin dan lapar.

San Francisco, 10sept08
Kami bertemu dan mendapatkan sambutan selamat datang dari Institute of International Education - IIE..mereka menjelaskan program yg akan kami ikuti dan siapa saja yg kami temui di San Francisco.
Selanjutnya kami ke Mayor Office, menemui Mayor's Education Advisor yg menjelaskan tentang situasi pendidikan dan partisipasi masyarakat yg bagus, serta keterlibatan peserta didik dalam banyak aktivitas mendukung.
Lalu ke Legislatif Aide to Supervisor Sean Elsbernd, menjelaskan hubungan wakil rakyat dengan pemerintah setempat, yg juga dalam satu atap dan birokrasi yg sederhana.
Kemudian masih di Mayor Office kami menemui Direktur Mayor Office of Neighborhood Services yg unik, mereka memili wakil2 komunitas yg berbagai ras seperti latino, chinnese, afro, dan lainnya..setiap distrik mempunyai supervisor yg setiap senin malam mengadakan pertemuan dengan simpul masyarakat di distrik masing2 yg bisa hingga 400org, supervisor ini ditunjuk oleh Mayor/walikota yg mewakili komunitas dan pendukung saat pemilihan, kalau Mayor ganti mereka juga biasanya diganti, tapi tetap perwakilan komunitas.
Kami lalu menjumpai San Francisco Youth Commission. Mereka masih usia SMU tetapi sudah menjadi wakil komunitas masing2 di Mayor Office. Mereka mulai diajarkan politik AS dan demokrasi secara umum tapi tidak ut satu parpol..mereka trdiri dari bayk grassroot organisasi yg juga byk ras, ada afro, china, asia tenggara, eropa, latin dll..mereka dididik menjadi community organizer ut mendorong aktivitas positif anggota komunitas masing2. Sore hari kami jalan2 ke China Town, kami sempat bertemu lagi dengan orang Indonesia.

Oakland City, 11sept08
Pagi hari kami ke Oakland City, masih dalam wilayah California. Kami ke Mayor Office bertemu Council Member-semacam anggota DPRD tapi jumlahnya cuma 8 org masing2 mewakili distriknya , namanya Henry Chang seorang Chinnese, dia adalah ketua Council Member yg dipilih lgsg rakyat Oaklang, 7 agt lainnya dipilih oleh distrik masing2..berarti dia sgt tenar, hanya Mayor/walikota dan ketua Council member yg dipilih oleh seluruh rakyat Oakland..
Siangnya kami menonton sister show, dari berbagai ras dan warna warni bendera, memperingati tragedi 9/11..ada musik dan lagu rusia, china, tarian afrika, dan banyak jenis alat musik yg unik
Sore harinya kami kembali ke San Francisco dan bertemu editor Mother Jones Magazine, dia menjelaskan kebijakan redaksinya seputar kampanye dan pemilu AS nopember ini. Sore hari kami mengunjungi China Town yang cukup besar, kami sempat ketemu lagi dengan sebuah keluarga yang lagi belanja, ternyata orang Surabaya. Menurutnya banyak orang Indonesia dan Asia di California ini, mereka sendiri tinggal di Los Angeles.

San Francisco, 12sept08
Hari terakhir program, kami diskusi evaluasi dan diminta memberi pandangan untuk setiap kota yg dikunjungi, meeting yg menarik dan tidak menarik, cultural studies, dan pandangan umum. Diskusi dipimpin oleh Ms. Martha manajer program, dihadiri Mr. Robert Means, dan 3 org lainnya. Saya sendiri menyampaikan beberapa hal, misalnya cara mengajarkan konstitusi di Philadelpia yang bernuansa wisata dan menyenangkan, Apresiasi thd Peace Action yg menentang perang Irak, Afganistan, dan rencana invasi North Korea dan Iran. Juga agar masyarakat AS mempertimbangkan penerimaan dunia thd calon presiden yg akan mereka pilih, dan permintaan agar pemerintah AS meredefinisikan ulang apa yg dimaksud International Leadership.
Program kemudian diakhiri secara resmi, berfoto bersama dan say goodbye.
Sore harinya free..kami menyempatkan ke Berkeley sebuah kota sekitar 30 menit dengan train subway bawah laut berkeceptn tinggi. Kami ke Bookstore-nya University of Columbia, Berkeley.. Sangat luas dan mhswnya lebih 30 ribu orang, sama dengan Unhas atau UI. Konon disinilah digodok calon2 kapitalis dunia, saya ingat sering demo tolak mafia Berkeley..menjelang malam kami kembali ke San Francisco, makan malam lalu bersiap-siap besoknya kembali ke tanah air, Indonesia

13 Sept08
Siang ini kami akan kembali kembali ke Indonesia, terbang dari San Francisco ke Narita Tokyo, lalu melanjutkan ke Singapura, menginap semalam sebelum melanjutkan lagi ke Jakarta. Tugas-tugas menumpuk, keluarga menanti, rindu sama kawan2 KAMMI dan lainnya, tentu saja sop kaki kambing, konro dan masakan padang harus segera disantap...

1 komentar:

Unknown mengatakan...

hi, Taufiq

Assalamu'alikum
nice to read your idea ..

long time not see you ..
once, indonesia vote for president , i will vote for taufiq ..heheh

br // samad e'99 unhas ..
thanks for any idea had been shared and friendship during days around couple years ago in makassar ..