Minggu, 07 September 2008

IVLP part 3 : New Hampshire-Denver

New Hampshire, 2sept08
Udara New Hamphsire cukup panas dan kering di summer ini, lotion pelembab kulit tidak bisa dipisahkan harus dibawa terus..
Pagi yang cerah kami bertemu pimpinan radio rakyat setempat, New Hampshire Public Radio..NHPR ini radio politik empowering people melalui informasi semua berhak tahu apapun tentang daerahnya, tidak ada musik dan break komersial..mereka bersikap profesional dan non partisan, beberapa tokoh publik pernah siaran di sini, misalnya Hillary Clinton pernah menyampaikan success story-nya. Saya jadi teringat radio El shinta di Jakarta...
Kami melanjutkan ke New Hamphshire State Building, tempat wakil rakyat, senator daerah dan sekaligus gubernur New Hampshire berada, satu atap, birokrasi sederhana. Saya dkk jg heran sang Gubernur sehari2 beraktivitas tanpa pengawal dan menyetir mobil sendiri ke kantornya...
Lalu ke Peace Action, sebuah NGO anti perang..mereka menentang perang Irak dan menolak invasi Iran, saya katakan padanya, I support you to against US invasion to the other country, i'm a moslem and we need peace, not war no invasion..dia sedikit terkejut sambil manggut-manggut. Saya menceritakan bahwa ketika Bush ke Bogor Indonesia, puluhan ribu mahsw dan kelompok masyarakat mendemonya. Bush telah merusak wajah demokrasi AS sekaligus menjatuhkan citranya di dunia hingga ke titik yang parah. AS harus mengubah kebijakan politik luar negerinya jika tidak ingin mendapat byk masalah.
Selanjutnya kami ke United Way, sebuah organisasi yang mengumpulkan donasi ut lembaga masyarakat setempat yang membutuhkan, mereka mengorganisasikan potensi individu dan lembaga lalu menyalurkan ke individu yang lain, cara kerja mereka sepertinya cukup elegan, orang2 memberi bantuan secara sukarela..
Malam hari kami menghadiri debat kandidat wakil rakyat semacam DPRD I, ada 9 kandidat yg diwajibkan hanya bicara gagasannya dlm 2 menit, pada sesi kedua setelah pertanyaan moderator mereka hy boleh menjawab maksimal 2 menit juga...

New Hampshire, 3sept08
Kami ke kota Manchester, sekitar 30 menit dari Concord, US Global Campaign sebuah lembaga yang mengumpulkan pemerintah, NGO, private sector dan tokoh2 seperti senator dan anggota kongres AS yg bertujuan ut meningkatkan natinal security, kemandirian energi, kesejahteraan ekonomi, dan penguatan negara secr utuh..sepertinya mereka memobilisasi kekuatan pasca tragedi 9/11 untuk tetap eksis sebagai adidaya..sepertinya mereka cukup diback up pemerintah terlihat dengan Colin Powell Menhan AS menjadi honour director di sana dan dukungan anggota senat dan kongres, termasuk Obama.
Kami melanjutkan bertemu seorang calon anggota state senate di NH dari demokrat, berturut-turut ke headquarter kandidat US  kongres Demokrat dan kemudian ke kandidat US kongres dari Republik.. Kemudian ke Union Leader, sebuah koran harian yg cukup besar, koran ini sempat memuat kunjungan kami yg terbit besoknya,, sore hari kami diundang dinner salah satu tokoh setempat, rupanya mereka semua Obamania...bergiliran kami diajak berfoto bersama patung Obama, wine diedarkan sblm makan malam, saya meminta orange juice dan mengobrol..makan malam dimulai, menunya hot dog dan salad, saya tidak menyukai gaya makan malam ini dan saya tidak bisa menikmatinya dgn baik..menunya juga tidak ada rice, potatoes atau chicken, jadilah saya kelaparan malam ini..balik ke hotel saya membuat mie instan, kopi dan cake Francis, lumayan..hee

4sept08
Pagi hari kami melanjutkan ke Denver, bagian tengah AS, tempat konvensi partai Demokrat, sayang sudah usai baru kami ke sana, jadi belum bisa ketemu Obama, someday. Seharusnya kami ke Lousiana New Orleans, tetapi karena terkena musibah badai katrina lanjutan, maka digantikan ke Denver..Perjalanan lumayan jauh, terbang 1,5jam dari Manchester Airport transit di Baltimore Washington Airport, siang hari melanjutkan flight ke Denver sekitar 4jam..airport Denver sangat canggih, luas dan sedikit membingungkan, jangankan say dkk yg visitor, Alison dan Alan yg orang AS juga nampaknya bingung, keluar dari kabin pesawat, harus turun 2 lantai ke bawah dan menggunakan trem/kereta listrik ut ke klaim bagasi, keluar pun banyak exit way nya sesuai jalur mau kemana kita pergi..
Denver city adalah negara bagian Colorado di wilayah tengah AS yang cukup luas..padang yang luas dan datar, daerahnya cukup dingin dan sejuk.. Kami tiba dan menginap di Curtis hotel.. Sore hari kami memenuhi undangan dari pemuda mhs republik yang menyelenggarakan nonton bareng acceptance speech nya McCain for president di Universty of Colorado. Yang unik mereka menyebut kampusnya sebagai republican university, saya tanya mengapa menyebutnya demikian, katanya untuk memberi perlawanan thd geliat mahasiswa pendukung demokrat yang jauh lebih banyak. Kebanyakan mhs pendukung Demokrat terjun ke partai dan kegiatan sosial setelah lulus misalnya Bill Clinton, sedangkan mhsw pendukung republik terjun ke dunia bisnis dan pekerjaan profesional..tidak banyak yang hadir, tidak serame waktu di distrik di Washington nonton bareng pidato Obama. Bahkan beberapa mhs keluar dan kami jadi mengantuk, tidak ada makanan yg disuguhkan, garing, spt pidato McCainn jg yang cukup membosankan, dia seperti sedang menjawab pidato konvensi Obama dan bukan sebuah pidato mandiri..

Denver, 5 sept08
Kami ke Colorado League of Women Voter, organisasi perempuan yang mendorong partisipasi politik kaum wanita, tapi mereka mengaku non-partisan. Mereka sangat agresif memperjuangkan hak2 perempuan termasuk mendorong referendum perubahan konstitusi yang memberi ruang yang leluasa bagi kaum perempuan. Uniknya, mereka juga menerima member pria yang ingin berpartisipasi.
Selanjutnya kami ke Colorado Media Matters, yang mengorganisasikan kegiatan2 media, juga mengadvokasi..mereka menggunakan basis teknologi informasi secara online. CMM menyiapkan informasi yg dibutuhkan grassroot community . Kami kemudian ke State Democratic Party of Colorado, tidak ada DPP atau kantor pusat bagi partai di AS, semua berbasis di state masing2, dan mereka konsern pada isu negara bukan isu lokal saja..kami menemui senior advisor politik..sy menanyakan dan meminta ketegasan politik luar negeri AS jika Obama menang, dan dia memastikan bahwa US bases troops di Irak akan ditutup dan tentara tsb akan ditarik bertahap, kebijakan internasional lebih soft dan diplomatik, pendekatan militer dikurangi..cara kerja mereka dengan meng-hire relawan part time untuk membujuk publik Colorado, mereka juga punya semacam fokus group untuk meningkatkan kemampuan komunikasi publik, media kaderisasi dan sharing pengalaman/informasi, mereka menyewa direktur politik dan pemilu secara professional..

Denver, 6sept08
Kami diberi kesempatan memilih kegiatan masing2, cultural studies-lah..ada yg ke museum seni, imax movie, shoping mall, dan kami memilih mencoba electric free ride bus di tengah kota Denver, lumayan jalan2 sightseing gratis..hee.. Saat makan malam di Tokyo Joe, restoran Jepang ala barat, ada kejadian unik, seorang pelayan mengantarkan hidangan, Pak Basuki bertanya ke saya kok pesan salmon lagi, saya bilang enak soalnya..eh tiba2 si pelayan menyahut: Enakan Mahi-mahi lagi (ikan jenis lain yg disajikan lebih cocok dgn lidah kita) ...ternyata dia orang Jakarta, namanya Dini..katanya sdh kerja hampir 8thn dan gaji di sini lbh lumayan, yaa iyalahh..tapi dia tetap ingin plg ke Indonesia dan membuka restoran sejenis, krn sdh cukup menguasai bgmn mengelolanya..

Denver, 7sept08
Kami mengunjungi Colorado Rocky Mountain, sebuah taman wisata nasional pegunungan dengan ketinggian sekitar 7000m dml.. Perjalanan ditempuh sekitar 2 jam naik mobil dari Denver..sangat dingin, meski summer dan matahari bersinar, salju masih bertebaran di mana2, angin bertiup kencang udara kering...