Selasa, 20 September 2011

PROSPERITY FOR ALL

formatnews - Jakarta: 66 Tahun Indonesia Merdeka, PROSPERITY FOR ALL, Kemerdekaan Ekonomi bagi seluruh Rakyat Indonesia, demikian Perkumpulan Rumah Ekonomi Rakyat dalam ucapan DIRGAHAYU 66 Tahun Indonesia Merdeka.

Dalam semangat kemerdekaan ini, Rumah Ekonomi Rakyat dalam rilisnya menyampaikan pernyataan pers terkait pentingnya kemerdekaan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Yang pertama, kami mendorong upaya penguatan ekonomi rakyat, Kemerdekaan Ekonomi yang sejati, dan Kemakmuran bagi semua. Keadilan ekonomi dan kesempatan yang sama untuk memperoleh kesejahteraan bisa dicapai dengan memaksimalkan sumberdaya ekonomi untuk kepentingan rakyat, mendistribusikan sumber-sumber ekonomi secara merata, meningkatkan produktivitas rakyat dengan insentif, dan memfasilitasi kegiatan ekonomi kreatif.

Kedua, pertumbuhan Ekonomi harus diimbangi dengan pemerataan ekonomi. Indonesia berhasil mencapai keseimbangan ekonomi makro yang bagus, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, meningkatnya IHSG, menguatnya Rupiah terhadap USD, menurunnya persentase kemiskinan. Namun hal-hal ini harus disertai dengan distribusi pemerataan ekonomi secara progresif untuk menghindari disparitas ekonomi yang tinggi.

Ketiga, ekonomi sektor riil dan UMKM harus mendapat perhatian dan pemberdayaan penuh dari pemerintah. Pemerintah dapat menjadi mediator antara swasta dan masyarakat untuk menyalurkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) demi membangun semangat kewirausahaan dan meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat.

Selanjutnya keempat, Pemerintah harus mendorong dan memfasilitasi masyarakat dalam memberdayakan ekonomi kreatif yang bernilai ekonomi tinggi dan berkualitas ekspor. Hal ini untuk menangkal serbuan barang impor dari China, Vietnam dll, demikian Taufiq Amrullah.,M.E, Direktur Rumah Ekonomi Rakyat. ***

Tidak ada komentar: