Senin, 01 September 2008

IVLP: Philadelpia-New York-New Hamphsire

29 Aug'08
Kami ke Philadelphia dan terus ke NewYork dg bus.. Philadelpia adalah kota yg bersejarah bagi AS, mereka menyebutnya kota konstitusi.... Sepanjang jalan kami menemukan hutan kota yg lebat dan hijau, jalan tol yg mulus dan lebar, banyak mobil jepang dan korea, tetapi mobil buatan AS tetap lebih byk lagi.
Kami mampir makan siang di Philadelpia, sebuah market yang bersih. Tapi hati2, susah menemukan makanan halal, lagi2 japanese food jd pilihan, chicken teriyaki atau seafood teriyaki dan softdrink, dan mereka menyediakan nasi. Beberapa kali sy makan siang di Washigton DC dgn burger, sgt tidak cocok dgn perut kita.
Kami melanjutkan city tour di Philadephia ke National Constitution Center, tempat bersejarah bagi negara AS. Di kota Philadelpia lah tempat negarawan2 mereka menyusun dan menyempurnakan konstitusi negara AS. Kami menonton di theater yg cukup canggih tentang AS yang menjadi united states dgn sistem federal dan kebebasannya, film ini selalu membuat mereka bangga sebagai warga AS. Mereka membuat suasana entertain dan wisata dalam memahami konstitusi dan apapun ttg AS. Dan mereka senang menyatakan : we are the people, we are the people of USA..
After lunch kami melanjutkan ke NewYork yg padat, menginap di Park Central Hotel, jantung kota NewYork di Manhattan island. Kota ini berpenduduk lebih dari 4juta jiwa, tapi seluruh NewYork mencapai 10jt jiwa. Sangat padat tapi rapi, gedung2 menjulang sgt tinggi berbeda dgn Washington DC yang kota pemerintahan, New York adalah kota trading, finansial, hiburan, wisata. Banyak campuran ras byk di sini, termasuk muslim community cukup besar..

NewYork city, 30 aug08
hari sabtu ini kami menikmati kota ini 'sightseing city and cultural study'. Dengan sigthseing bus kami berkeliling kota sepuasnya, melihat patung liberty statue, dan viewing seluruh kota dari puncak empire building. Kami menikmati sky ride, seperti naik helikopter mengelilingi kota Newyork. Malamnya kami menonton Mammamia show di Broadway Theatre tidak jauh dari hotel..katanya artis2 papan atas di Holliwood lahir dari Broadway ini...kota ini benar exciting, ranai tak kenal malam siang, makanya mereka menggelarnya The City Never Sleep...
Saya termenung dan berpikir, 10 thn lalu sy mhsw baru di FT Unhas Makassar dan mulai melihat dunia pergerakan, 5thn lalu sy menyampaikan LPJ saat Musda KAMMI  Sulawesi Selatan, sekarang saya berada di jantung pusat peradaban AS, New York..bagaimana dengan LPJ saya di Muktamar VI  KAMMI  Nopember ini,,saya mulai menyusun di Central Park hotel lantai 14, no.1403

31aug08
Siang ini kami terbang ke Concord, New Hamphsire. Dgn pesawat yg kecil hanya memuat sekitar 30 penumpang, selama 1 jam, lalu mendarat di Manchester airport. Selanjutnya naik bus jemputan sekita 2jam menuju Concord. Kami menginap di Holiday Inn Hotel dan akan berada di New Hamphsire selama empat hari, saya akan menjalani puasa yg pertama di New Hamphsire...New Hamphsire berpenduduk sekira 41 ribu jiwa-cukup sepi dan asri, banyak penduduk asli di sini, kalau jalan-jalan di seputaran kota, seolah kita di bawa ke masa cow boy, rumah2 asli masih ada meski sdh lbh modern, kereta kuda sudah berganti Ford dan Honda, kuda2 pangeran berganti motor Harley Davidson...

New Hamphsire, 1 sept08
Ini hari pertama ramadhan, saya menjalani puasa pertama. Saya tahu agak cukup berat karena lagi summer season, jadi siang agak lbh lama, but just enjoy it. Pagi ini kami mengunjungi Hopkinton State Fair sekitar 1jam perjalanan ke daerah pertanian New Hamphsire, ini adalah pameran agricultural dan peternakan, alat2 pertanian juga dipamerkan di sini, ada tractor show, hiburan anak2 seperti di ancol, dll..menurut saya, selera pameran pertanian dan lainnya di Indonesia cukup bersaing. Mereka menggelar di daerah pinggiran yang masih asri, sejuk dan segar, cukup hijau dgn pohon rimbun di mana2 walau cuaca jg terik...jelang sore yang msh panas jalan menuju pulang, kami mampir di mall yang sepi dan cukup murah..ini hari yg cukup menantang meski melelahkan, saya berpuasa dengan sahur hy kopi susu, di tengah kawan2 dan menemui orang2 yg tidak puasa, cuaca terik dan siang yang panjang...but always smart, saya menikmatinyaa,,menjelang sunset kami mencari dinner sambil buka puasa di thai restaurant.. Complete